Posted by : Unknown
Jumat, 29 November 2013
MAKALAH
TENTANG CORELDRAW
Oleh:
Dani Anggara
13732010
PROGRAM STUDI MEKANISASI PERTANIAN
JURUSAN TEKNOLOGI OERTANIAN
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
Kata Pengantar
Alhamdullilah,
puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi
rahmat, karunia, serta kasih sayang terbesar-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah dengan judul ”Makalah tentang CorelDraw’’.
Makalah ini disusun bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Dasar komputer.
Selain itu sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan memotivasi mahasiswa
dalam menyusun karya tulis.
Penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan keterbatasan dalam
penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik
dari pembaca sekalian demi memperbaiki makalah ini dalam penulisan lain
di kemudian hari.
Dan semoga makalah ini dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua.
Sekian dan
terimakasih.
Malang, Desember 2011
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR
BELAKANG MASALAH
Pada era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan
teknologi berkembang sangat pesat dan membantu manusia berinteraksi satu
sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh
teknologi mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga
pendidikan. Teknologi sangat berperan penting dalam membantu setiap kebutuhan
manusia salah satunya yaitu komputer.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang telah dirumuskan. Membantu setiap pekerjaan manusia,
menjadi tempat ketergantungan hampir semua manusia didunia. Komputer mempunyai
beberapa perangkat yaitu perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau
software dan brainware.
Nama lain software adalah perangkat lunak. Seperti nama
lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau
perangkat keras, perangkat keras adalah nyata yang dapat dilihat dan
disentuh oleh manusia, sedangkan software tidak dapat dilihat dan disentuh secara
fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi
bisa dioperasikan.Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi
menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan
sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa
program atau instruksi yang dijalankan oleh perintah, maupun
catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk mejalankan perintah yang
dijalankannya inilah fungsi dari perangkat lunak atau software. Diperangkat ini
terdapat program aplikasi grafis berbasis vektor yaitu CorelDraw.
Software CorelDRAW digunakan rata-rata untuk membuat
garis-garis vector, contohnya logo. Dengan kelengkapan tools dari software ini,
juga controlnya pun lebih nyaman, mendesain logo vector menjadi lebih mudah.
Begitu pesat berkembangnya teknologi komputer, yang terutama pada perangkat
lunak, mau tidak mau kita juga harus mengikuti perkembangannya.
A.
Rumusan Masalah
1.
Apa itu perangkat lunak atau
SoftWare ?
2.
Apa itu coreldraw ?
3.
Bagaimana sistem operasi dari
corelDraw ?
B.
Tujuan penulisan
1.
Supaya pembaca mengerti apa itu
perangkat lunak.
2.
Agar pembaca dapat mengetahui
tentang operasi coreldraw.
C.
Manfaat Penulisan
1.
Agar kita lebih mengetahui tentang
Desain Grafis.
2.
Memahami lebih lanjut tentang
CorelDraw.
D.
Sistem Penulisan
Sistematika
yang digunakan untuk makalah ini mengacu pada standar umum penulisan makalah.
Dengan sistematika sebagai berikut:
1. BAB I
BAB
I meliputi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat penulisan dan
sistematika penulisan.
2. BAB II
BAB
II berisi tentang pembahasan
3. BAB III
BAB
IV merupakan penutup yang berisi simpulan dan saran.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
SOFTWARE atau Perangkat lunak
Software komputer adalah sekumpulan data elektronik
yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh
komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu
perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat
menjalankan suatu perintah.
a.
Karakteristik perangkat lunak :
1)
Perangkat Lunak merupakan suatu
produk, sekaligus sarana untuk membangun suatu produk. Perangkat Lunak dibangun
dan dikembangkan (engineered, not manufactures). Berbeda dengan
perangkat keras (hardware), Perangkat lunak dibuat dengan suatu
perancangan yang kemudian setelah jadi dapat dikembangkan lebih lanjut. Biaya
untuk Perangkat Lunak dikonsentrasikan pada pengembangan.
2)
Perangkat Lunak tidak pernah usang (wear
out) namun memburuk (deteriorate). Perangkat Lunak tidak pernah
usang karena adanya perawatan memungkinkan pengembangan Perangkat Lunak untuk
menyesuaikan dengan kebutuhan baru. Namun sekali Perangkat lunak rusak,
maka tidak dapat diganti dengan Perangkat lunak lain, namun harus dilakukan
pembuatan ulang karena tidak ada suku cadang dalam Perangkat Lunak(berbeda
dengan hardware).
3)
Sampai saat ini kebanyakan Perangkat
masih dibuat menurut pesanan (custom built).
b.
Software atau perangkat lunak
komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:
1)
Software
berbayar merupakan perangkat lunak yang
didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan
atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak
yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya
tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin
ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft
windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
2)
Freeware
atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak
komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari
shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu
percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang
perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk
disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin
mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap
pengembangan selanjutnya.
Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis,
tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client
dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
3)
Free
Software lebih mengarah kepada bebas
penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena
bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah
letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan,
disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software
tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu
keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat
lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program
dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.
B. Mengenal CorelDraw
1. Pengertian dan Sejarah
CorelDraw
Corel Draw merupakan suatu program aplikasi grafis berbasis
vektor yang memungkinkan seseorang membuat sebuah karya seni profesional, mulai
dari yang simpel seperti logo sederhana hingga ilustrasi teknis yang rumit atau
kompleks dengan pemrosesan visual.
CorelDraw sejak awal dikembangkan untuk Windows dan saat ini
dapat berjalan pada Windows 2000 dan versi selanjutnya. Versi untuk Mac OS dan
Mac OS X ada awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan.
Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi 5.0. Versi terakhir ntuk Linux
terakhir dibuat tahun 2000. Corel pada Linux tidak berjalan langsung di atas
platform, namun harus menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang
digunakan untuk meng-install Photoshop pada Linux.
Pada 1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk
menjual sistem desktop-publishing berbasis Intel. Pada 1987, Corel merekrut
beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software
grafis berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing
Corel. Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali
diluncurkan ada 1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan pada
akhirnya corel hanya focus pada pengambangan software. CorelDraw dibuat utk
Windows bersamaan dengan diluncurkanya Windows 3.1. dengan dimasukkannya
TrueType ke dalam Windows 3.1 menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang
mampu menggunakan fonts yang ada tanpa membutuhkan software tambahan seperti
Adobe TypeWriter. Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada
CorelDraw : Note-edit tool, stroke before fill, mesh fill dan sebagainya.
CorelDraw memiliki perbedaan mencolok dibandingkan
kompetitornya. Yang pertama bahwa CorelDraw adalah suatu paket software grafis,
bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang
ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangn warna
bahkanmengubah dari mode RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK (Cyan Magenta
Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan Corel PhotoPaint.
Pesaing utama CorelDraw adalah Adobe Illustrator dan Xara Extreme. Meskipun
mereka semua juga program editor gambar berbasis vector, namun pengalaman
pengunanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok.
2. Mengenal Area Kerja CorelDraw
CorelDraw menyediakan tool dan efek yang membuat kita dapat
bekerja efisien untuk menghasilkan sebuah gambar berkualitas tinggi. Dari
beberapa versi perkembangan CorelDraw, yang saat ini cukup baik untuk kita
gunakan adalah CorelDraw versi X3(13). Versi yang paling tinggi membutuhkan
performa komputer (spesifikasi prosesor ,RAM, dan memori grafis ) yang tinggi
pula. Untuk penggunaan standar ( Latihan untuk membuat karya grafis sederhana
), versi yang lebih lama (versi 10, 11, atau 12) pun sebenarnya cukup baik untuk
digunakan.
a.
Mengaktifkan CorelDraw
1. Klik tombol start
2. Klik All Start
3. Pilih CorelDraw Graphics suite X3
4. Klik CorelDraw X3,akan tampil gambar
corelDraw
b.
Lembar kerja CorelDraw
1. Title
bar (A)
Title bar berisi informasi tentang aplikasi yang sedang aktif dan file yang dikerjakan. Apabila file itu belum pernah disimpan, maka secara otomatis akan diberi nama Graphic1.cdr, Graphic2.cdr dan seterusnya.
Title bar berisi informasi tentang aplikasi yang sedang aktif dan file yang dikerjakan. Apabila file itu belum pernah disimpan, maka secara otomatis akan diberi nama Graphic1.cdr, Graphic2.cdr dan seterusnya.
2. Menu
bar (B)
Menu bar berisi perintah mengenai file yang akan atau sedang dikerjakan. Perintah yang dapat dipilih adalah yang berwarna jelas, sedangkan yang berwarna buram (tidak aktif) menunjukkan bahwa perintah tersebut tidak sesuai dengan objek yang sedang dikerjakan. Yang ada di dalam menu bar adalah File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Tools, Windows, dan Help.
Menu bar berisi perintah mengenai file yang akan atau sedang dikerjakan. Perintah yang dapat dipilih adalah yang berwarna jelas, sedangkan yang berwarna buram (tidak aktif) menunjukkan bahwa perintah tersebut tidak sesuai dengan objek yang sedang dikerjakan. Yang ada di dalam menu bar adalah File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Tools, Windows, dan Help.
3.Standart toolbar (C)
Standar toolbar berisi perintah-perintah standar. Standar toolbar dimiliki oleh semua aplikasi under windows, seperti membuka file baru (New), menyimpan file (Save), mencetak (Print), copy ke clipboart (Copy), menempel clipboard (paste), Cut, Undo untuk membatalkan beberapa perintah atau langkah terakhir, Redo untuk mengeksekusi kembali perintah terakhir, Import, Export, Application Launcher untuk mengeksekusi aplikasi Corel yang lain, Corel online untu mengakses situs web Corel. Dan Zoom Level untuk mengatur ukuran tampilan padablayar.
Standar toolbar berisi perintah-perintah standar. Standar toolbar dimiliki oleh semua aplikasi under windows, seperti membuka file baru (New), menyimpan file (Save), mencetak (Print), copy ke clipboart (Copy), menempel clipboard (paste), Cut, Undo untuk membatalkan beberapa perintah atau langkah terakhir, Redo untuk mengeksekusi kembali perintah terakhir, Import, Export, Application Launcher untuk mengeksekusi aplikasi Corel yang lain, Corel online untu mengakses situs web Corel. Dan Zoom Level untuk mengatur ukuran tampilan padablayar.
3. Toolbox
(D)
Toolbox adalah sekumpulan peralatan yang dapat digunakan untuk membuat dan mengatur gambar, garis dan warna. Untuk lebih mudahnya, sorot dengan mouse maka akan menampilkan namanya.
Toolbox adalah sekumpulan peralatan yang dapat digunakan untuk membuat dan mengatur gambar, garis dan warna. Untuk lebih mudahnya, sorot dengan mouse maka akan menampilkan namanya.
4. Printable
area (E)
Printable area adalah area yang bisa kita cetak dalam media kertas
Printable area adalah area yang bisa kita cetak dalam media kertas
5. Color
palette (F)
Palet warna berisi jenis-jenis warna yang bisa kita gunakan untuk fill maupun outline objek sesuai dengan default warna yang kita gunakan.
Palet warna berisi jenis-jenis warna yang bisa kita gunakan untuk fill maupun outline objek sesuai dengan default warna yang kita gunakan.
C. OPERASI DASAR CORELDRAW
1. Objek Garis
Pada sistem CorelDRAW X4, objek garis dapat dibentuk melalui curve tool yang ada pada fasilitas toolbox. Adapun subalat pada fasilitas curve tool berupa: Freehand tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan.
Pada sistem CorelDRAW X4, objek garis dapat dibentuk melalui curve tool yang ada pada fasilitas toolbox. Adapun subalat pada fasilitas curve tool berupa: Freehand tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan.
a. Bezier tool: alat ini digunakan
untuk membentuk beragam garis lurus dan garis yang tidak beraturan secara
bersamaan.
b.
Artistic media tool: alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek garis
artistik. Dalam menentukan bentuk garis artistik tersebut, gunakan simbol yang
ada di sisi kiri fasilitas property bar, lalu tentukan spesifikasi
konfigurasinya pada sisi kanannya.
c. Pen tool: pemakaian pen tool
hampir serupa dengan pemakaian bezier tool.
d.
Polyline tool: pemakaian polyline tool hampir sama dengan freehand tool.
e.
Point curve tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis melingkar dengan
mudah dan cepat.
f.
Connector tool: alat ini digunakan untuk menghubungkan beberapa objek gambar.
Misalnya, membentuk garis penghubung alur diagram.
Dimension
tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis dimensi vertikal, horizontal,
diagonal, dan sebagainya. Untuk membentuk garis dimensi horizontal/vertikal
secara otomatis, gunakan simbol auto aimension tool yang terdapat di sisi kiri
fasilitas property bar ketika alat ini aktif.
2. Objek Gambar
Di dalam CorelDRAW, berbagai bentuk
objek gambar dapat dibuat. Berikut ini merupakan fasilitas toolbox yang berguna
membentuk berbagai objek gambar:
a.
Rectangle tool: alat ini dapat digunakan untuk membentuk objek persegi panjang
atau persegi.
b.
Ellipse tool: alat ini digunakan untuk membentuk objek lingkaran/elips.
c.
Object tool: alat ini dapat mempermudah/mempercepat proses pembentukan objek
poligon, bintang, spiral, dan tabel.
d.
Perfect shape tool: alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek gambar
spesifik secara mudah dan cepat. Misalnya, objek jajar genjang, balon, simbol
diagram alur, panah, dan lain sebagainya.
e.
Table tool: alat ini dapat digunakan untuk membuat tabel dalam format persegi
atau persegi panjang. Tabel ini tidak hanya dapat dimasukkan tulisan/teks,
tetapi dapat juga dimasukkan gambar ke dalamnya. Alat ini bisa digunakan untuk
membuat kartu pos, brosur, dan lain-lain.
f. Smart Drawing: menggambar pintar
adalah aplikasi baru yang ada pada CorelDRAW X4. Smart drawing tool yang ada
pada smart tool dapat digunakan untuk membentuk objek gambar dari sketsanya.
3.Objek
Teks
Objek
teks merupakan unsur yang paling sering digunakan pada rancangan grafis. Ada
yang membuatnya sebagai logo, teks artistik, bahkan mengubah objek teks menjadi
objek gambar.
Objek
teks dapat dibuat melalui text tool yang terdapat pada toolbox. Setelah itu,
objek teks dapat diproses melalui pick tools. Objek teks dapat diproses
sehingga membentuk bayangan, menjadi format 3D, dan lain-lain.
4.Objek 2D Menjadi 3D
CorelDRAW X4 memiliki fasilitas untuk mengubah objek taks/gambar 2D menjadi 3D. Fasilitas yang dapat digunakan untuk membentuk objek 2D menjadi 3D adalah sebagai berikut:
CorelDRAW X4 memiliki fasilitas untuk mengubah objek taks/gambar 2D menjadi 3D. Fasilitas yang dapat digunakan untuk membentuk objek 2D menjadi 3D adalah sebagai berikut:
a.Extrude:
pada fasilitas toolbox terdapat interactive extrude tool di dalam interactive
effects tool. Setelah diaktifkan, format 3D dapat diatur melalui bagian presets
yang ada pada fasilitas property bar.
b.Bevel:
bevel merupakan subalat untuk membentuk sudut dari suatu objek gambar/teks.
Bevel akan muncul dalam property bar setelah mengaktifkan interactive extrude
tool.
c.
Contour: fasilitas contour di dalam CorelDRAW X4 disediakan untuk membuat
salinan dari suatu objek gambar/teks ke bagian dalam/luarnya. Contour dapat
digunakan untuk menimbulkan efek 3D dari suatu objek gambar/teks dengan cara
mengubah warna sisinya.
d.
Gradasi warna: gradasi warna dapat dibentuk menggunakan fill tool, interactive
fill tool, atau mesh fill.
e.
Efek bayangan: CorelDRAW menyediakan interactive drop shadow yang
merupakan subalat dari
interactive effects tool untuk membuat efek
bayangan dari objek gambar/teks.
5.Warna
Pilihan warna terdapat dalam kotak warna. Namun, ada beberapa cara untuk memberi warna pada objek gambar/teks, yaitu sebagai berikut:
Pilihan warna terdapat dalam kotak warna. Namun, ada beberapa cara untuk memberi warna pada objek gambar/teks, yaitu sebagai berikut:
a. Fill & outline: pada
fasilitas toolbox, sistem menyediakan fill tool untuk mengatur isi objek
gambar/teks. Sedangkan untuk mengatur garis pembentuknya, sistem menyediakan
outline tool.
b. Eyedropper & paintbucket
tool: eyedropper tool digunakan untuk mengambil spesifikasi warna atau atribut
(properti, transformasi, dan efek) suatu objek gambar/teks. Setelah itu, gunakan
paintbucket tool untuk menyalin data tersebut pada objek gambar/teks lainnya.
c. Smart fill: smart fill tool dapat
mengisi warna pada sembarang bidang tertutup. Misalnya pada perpotongan suatu
objek tertentu.
6. Objek Artistik
Objek artistik dapat berupa teks atau gambar. Dengan menggunakan alat tertentu, suatu objek teks/gambar dapat terlihat berbeda dari biasa. Objek artistik terdiri dari:
Objek artistik dapat berupa teks atau gambar. Dengan menggunakan alat tertentu, suatu objek teks/gambar dapat terlihat berbeda dari biasa. Objek artistik terdiri dari:
a.
Garis artistik (Objek Teks): teks yang artistik dapat dibuat melalui artistic
media tool yang ada pada toolbox. Teks apapun dapat dibuat karena penggunaanya
seperti menggambar atau menulis dengan bolpoin.
b.
artistik (objek gambar): gambar artistik yang dihasilkan melalui artistic media
tool adalah seperti sketsa gambar. Penggunaannya sama dengan membuat garis artistik
untuk objek teks.
c.
Efek distorsi: CorelDRAW menyediakan interactive distort tool di dalam
interactive effects tool. Efek distorsi dapat diaplikasikan untuk objek
gambar/teks sehingga dapat terlihat lebih artistik.
d.
Smudge brush (objek baru): melalui smudge brush tool, suatu sisi objek gambar
dapat ditarik sehingga akan membentuk gambar yang baru sesuai dengan keinginan.
Subalat ini dapat diakses melalui shape edit tool.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dalam
kemajuan teknologi software yang memiliki multi fungsi untuk semua bidang.
Seperti sofware coreldraw yang memiliki banyak fungsi. Coreldraw
merupakan salah satu aplikasi software atau perangkat lunak editor grafik
vektor yang dibuat oleh Corel untuk membuat sebuah karya seni profesional,
mulai dari yang simpel seperti logo sederhana hingga ilustrasi teknis yang
rumit atau kompleks dengan pemrosesan visual.
B.SARAN
Untuk
membantu kita dalam pembuatan grafis sebaiknya dipelajari cara pengoperasian
coreldraw, banyak sekali manfaat yang diperoleh dari operasi perangkat lunak
coreldraw.
DAFTAR
PUSTAKA
Admin.2008. Pengertian software
(Perangkat Lunak) Komputer.(online), http://belajar-komputer-mu.com, diakses 15 Desember 2011.
Anynomous.Menjelaskan artikel
Coreldraw.(online), http://www.asian-brain.com diakses 18 Desember 2011.
Purwanto,Heri.2011.Sejarah
Coreldraw.(online), http://www.sejarah-coreldraw.html diakses 21 Desember 2011.
Sirodjuddin,Ardan.2008.Belajar
Coreldraw itu mudah.(online), http://ardan
sirudjuddin.wordpress.com
di akses 21 Desember 2011.